Artikel

on Selasa, 17 Februari 2009

BUKIT DOA GETSEMANI
Tak ada berita, tak ada kata
Suara mereka pun tidak terdengar
Tetapi gema DOA & PUASA terpancar
ke seluruh dunia,
Perkataan mereka sampai ke ujung bumi;
Tingkap langitpun tak kuasa membendungnya.

Hanya PENDOA yang mampu mengubah dunia

Untuk itulah Bukit Doa Getesemani menyediakan tempat khusus untuk berdoa dan berpuasa. Tempat yang tenang, udara sejuk, pemandangan indah, suasana Taman Getsemani dimana Yesus berdoa untuk memenangkan dunia.



Tempat Parkir yang luas menambah kenyamanan para pengunjung yang menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.


TEMPAT / LOKASI
Bukit Doa Getsemani terletak di pinggiran kota Semarang,
tepatnya di kota Ungaran. Luas tanah Bukit Doa Getsemani adalah 33.100 M2.

Jl. Sindoro I no. 13 Ungaran 50517
Jawa Tengah - Indonesia
Ph. 62-24 6922003
Fax. 62-24 6922004
Email : tamangetsemani@yahoo.com





VISI :

“Rumah Doa Bagi Segala Bangsa”
Yesaya 56 : 7
“ mereka akan Kubawa ke gunungKu yang kudus dan akan Kuberi kesukaan di rumah doaKu. Aku akan berkenan kepada korban-korban bakaran dan korban-korban sembelihan mereka yang dipersembahkan di atas mezbahKu, sebab rumahKu akan disebut rumah doa bagi segala bangsa.“

MISI :
1.Memfasilitasi bagi setiap pribadi yang rindu untuk menaikan ucapan syukur dan
permohonan doa.
2.Memberikan pelayanan untuk pertumbuhan






SEJARAH

Berawal dari seorang yang sungguh memiliki hati untuk Tuhan yaitu Bp. Samuel Elkana. Beliau dipanggil untuk melayani pada tahun 1963 melalui nubuat seorang hamba Tuhan dari Amerika. Akhir th 1970 an Tuhan menaruh beban yang dalam pada hatinya untuk didirikannya sebuah tempat doa di Indonesia. Tuhan memimpin Beliau menemukan suatu tanah di Ungaran yang dulunya adalah pos Zending Jerman yang setelah merdeka diambil alih oleh pemerintah. Tuhan tetap memilih tempat itu sebagai tempat Dia hadir dan menyatakan kemuliaan-Nya. Jadilah tempat itu sebagai Bukit Doa Taman Getsemani sebagai tempat doa yang pertamakali di Indonesia. Beliau adalah seorang yang sangat tekun dan setia pada visi Tuhan telah dengan tegar dan gigih melalui segala pergumulan, hambatan, kesulitan, dan ujian. Bagi segala keunikannya setia dan teguhnya dia terus menampakkannya. Pada kenyataannya Bukit Doa Getsemani telah menjadi berkat yang besar bagi banyak orang, bangsa Indonesa bahkan Bangsa dan negara. Dan Tuhan terus mengembangkan pelayanan tersebut dengan dibukanya The School of Act pada bulan April 1999 dan terus berkembang hingga saat ini. Pembangunan dan Pelayanan terus dikembangkan dari waktu ke waktu, oleh Anugerah-Nya Tuhan percayakan ini untuk dikelola penerus Bp. Samuel Elkana yaitu putranya Bp. Joel Elkana.





FASILITAS:


1.RUANG KEBAKTIAN





Ruang ibadah getsemani merupakan ruang utama dalam mengadakan Ibadah persekutuan Oikumene yang diadakan setiap hari Sabtu Pk. 10.30 WIB. Ruang ibadah ini dapat menampung sekitar 400 jemaat. Kami sungguh bersyukur karena anugerah Tuhan ibadah Setiap hari Sabtu dapat berlangsung dari waktu ke waktu. Kami merasakan penyertaan Tuhan di tempat ini. Dahulu ruang ibadah ini tidak sebagus ini. Tapi oleh Anugerah-Nya, Tuhan berikan ruangan yang indah beserta alat music dan sound system yang cukup lengkap.


2.RUANG PUJIAN & PENYEMBAHAN




Ruang Pujian & Penyembahan ini dahulu adalah sebuah Gereja Jawi. Namun sekarang digunakan khusus bagi setiap pribadi yang rindu untuk menyembah Tuhan. Ada beberapa peraturan-peratuan tertentu dalam penggunaan Ruangan ini diantaranya adalah sebagai berikut :
1.Tempat ini hanya dikhususkan untuk memuji & menyembah Tuhan.
2.Tidak diperkenankan untuk mengadakan persekutuan, sharing atau kotbah disini.
3.Dilarang membawa makanan & minuman dalam bentuk apapapun ke dalam ruangan ini.
4.DILARANG MEROKOK


3.RUANG PENTAKOSTA

Ruangan ini biasa digunakan untuk persekutuan doa maupun persekutuan sharing bersama. Ruangan ini dapat digunakan 50 orang dewasa. Bangunan ini terletak di bawah Bukit Doa Getsemani.



4.RUANG BASEMENT

Ruang Basement biasa digunakan doa bersama para tamu setiap hari Jumat Pk. 10.00 WIB
Di dalam ruangan ini terdapat lukisan kaca yang menempel pada dinding tersebut. Lukisan ini menggambarkan saat Tuhan Yesus bangkit dan mengunjungi para murid-muridnya. Ini mengingatkan kita bahwa Dia Allah yang hidup.



5.LINGKARAN

Tempat ini adalah tempat yang sangat cocok sekali untuk diadakannya kebaktian padang. Lingkaran ini berada di tengah – tengah Bukit doa Getsemani dengan dinaungi pohon beringin yang rindang sekali. Banyak para pengunjung yang datang untuk mengadakan kebaktian padang ataupun sharing di tempat ini. Kapasitas dapat digunakan untuk 40 – 50 orang.



6.TOKO BUKU




Berbagai macam kaset dan buku-buku rohani tersedia di toko buku ini. Selain itu pernak pernik rohani juga tersedia disini. Toko Buku Rohani Getsemani ini ada untuk memberkati dan memperlengkapi para pengunjung supaya bertumbuh di dalam iman dan pengenalan akan Tuhan Yesus Kristus. Dari tahun ke tahun toko buku ini semakin berkembang baik bangunan fisik maupun barang-barang yang tersedia boleh semakin bertambah.



7.PERPUSTAKAAN


Puji Tuhan, oleh Anugerah-Nya seiiring dengan berjalannya waktu, maka pada tangggal 1 Mei 2008 perpustakaan ini boleh ada untuk menjadi berkat bagi setiap Saudara. Diawali dari 800 judul buku hingga sekarang boleh bertambah dan terus bertambah berkat dukungan dari saudara-saudara. Melalui persiapan yang panjang semua ini dikerjakan dengan penuh kasih dan sukacita. Dan yang tak mungkin dapat diselesaikan tanpa bantuan penuh kasih dari banyak orang.
Dari hati kami untuk hati Anda kami mempersembahkan setiap buku-buku ini kepada siapa saja yang rindu dan mau untuk lebih lagi mengenal dan mengalami Tuhan secara pribadi. Dimasa percepatan ini supaya tidak ada satupun dari kita yang tertinggal. Doa kami supaya setiap Saudara dibangun imannya dan bertambah pengetahuan melalui perpustakaan ini. Karena ini semua adalah milik Tuhan yang dipercayakan kepada setiap kita.
Kami sangat berterimakasih kepada tangan-tangan yang penuh perhatian dan intensi-intensi yang tulus yang ikut mewujudkan perpustakaan ini. Tanpa Anda semua, perpustakaan ini takkan berhasil menjadi seperti apa yang Tuhan mau. Kami mengasihi Anda semua… SELAMAT MEMBACA…



8.RUMAH ELIM




Rumah Elim diperuntukkan bagi para pengunjung yang ingin menginap guna mencari kehendak Tuhan atau berdoa. Bukan untuk tamu yang memerlukan tempat beristirahat sambil berdoa. Rumah Elim ini menyediakan fasilitas kamar tidur pria dan wanita dan kamar mandi yang terpisah. Untuk mentertibkan para pengunjung maka dibuatlah peraturan atau persyaratan bagi para tamu yang ingin bermalam yaitu sebagai berikut :
Tamu yang bermalam minimal 2 hari (2 x 24 jam) dan maksimal3 hari (3x24 jam)
Menyerahkan KTP / SIM yang masih berlaku.
Tidak diperbolehkan meninggalkan Taman Getsemani dengan alasan apapun.
Tidak diperbolehkan melayani(konseling) dengan sesama tamu.
Tidak membawa anak-anak dibawah umur 10 th .
Rombongan maksimal 10 orang, direkomendasikan gereja / kelompok persekutuan. (hari libur nasional tidak menerima rombongan).
Tidak membawa makanan/minumam serta majalah/buku/koran yang bersifat tidak rohani di dalam kamar.
Mentaati peraturan yang berlaku
Mengisi formulir persetujuan.
Siswa sekolah Alkitab / Theologia harus membawa surat pengantar.



9.RUMAH ELISA
Rumah Elisa hanya diperuntukkan bagi Hamba Tuhan yang ingin benar-benar menyendiri bersama Tuhan. Rumah ini hanya untuk 1 orang dengan dilengkapi tempat tidur, meja, dan kamar mandi pribadi.



10. MENARA DOA


Menara doa ini terletak di atas ruang ibadah utama Bukit Doa Getsemani. Di menara doa inilah para pendoa berkumpul untuk bersyafaat mendoakan kota, bangsa, dan negara atau apapun yang Tuhan taruh namun bersifat umum.
Menara ini diadakan bukan untuk berdoa yang bersifat pribadi. Ruang ini biasa digunakan setiap hari Jumat Pk. 13.00 dan pada hari Sabtu pk. 13.00 WIB (menara Youth).



11.RUANG KONSELING
Bukit Doa Getsemani juga melayani bagi setiap tamu yang ingin dilayani pelepasan atau konseling masalah pribadi.



12.GUA DOA BESAR

Tempat ini digunakan khusus bagi para pengunjung yang ingin berdoa bersama tim. Kapasitas ruangan ini adalah kurang lebih 20 orang dewasa. Gua besar ini terletak di ujung gua-gua kecil Bukit Doa Getsemani.




13.GUA DOA PRIBADI




Disinilah para tamu yang sungguh rindu untuk berdoa, mencari kehendak Tuhan atau mengucap syukur bisa menggunakan tempat ini. Bukit Doa Getsemani ini memiliki kurang lebih 53 gua kecil yang ada dan dapat digunakan satu sampai tiga orang. Namun antara pria dan wanita dilarang berada dalam satu gua. Para tamu sering menggunakan gua ini untuk bersekutu pribadi bersama Tuhan. Tempat ini cocok sekali untuk merenungkan Firman Tuhan, berdoa, membaca buku rohani ditunjang dengan suasana yang sejuk dan pemandangan taman yang alami.




14.BIMBINGAN BELAJAR



Bukit Doa Getsemani juga menjadi saluran berkat bagi anak-anak pelajar SD yang ingin belajar ekstra tanpa dipungut biaya apapun. Kami rindu dapat menjadi berkat bagi masyarakat sekitar. Para anak-anak yang ingin bergabung dalam bimbingan belajar ini dapat langsung datang setiap hari Senin s/d Kamis Pk. 15.00 WIB. Untuk saat ini Bimbingan belajar diadakan bagi anak SD dari Kelas 1 s/d 6. Kami rindu bimbingan ini terus berkembang.



15.PELAYANAN SURAT DOA

Kami juga melayani permohonan melalui surat doa. Setiap para tamu yang rindu untuk didukung dalam doa oleh tim Getsemani dapat menuliskan permohonan doa yang telah disediakan di kotak doa. Untuk memudahkan dalam mendoakan diharapkan dapat menuliskan nama, alamat dan permohonan doa dengan jelas.




KEGIATAN
1.IBADAH BERSAMA (OIKUMENE) SETIAP HARI SABTU PK. 10.30 WIB
2.DOA BERSAMA TAMU SETIAP HARI JUMAT PK. 10.00 WIB
3.DOA MENARA BAGI KOTA DAN BANGSA SETIAP HARI JUMAT PK. 13.00 WIB
4.DOA KOTA SETIAP JUMAT TERAKHIR PK. 18.30 WIB
5.DOA MENARA YOUTH KOTA SETIAP HARI SABTU PK. 13.00 WIB
6.PELAYANAN KONSELING

0 komentar:

Posting Komentar